You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Binamang

Desa Binamang

Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Provinsi Riau

Sejarah Desa Binamang

Operator Binamang 23 Maret 2024 Dibaca 31 Kali

Gambaran Umum Desa Binamang

  1. Keadaan Umum Wilayah Desa Binamang adalah nama suatu wilayah di kecamatan XIII Koto Kampar kabupaten Kampar Provinsi Riau. desa Binamang merupakan desa pemekaran dari Kelurahan Batu Bersurat yang berada diantara Kelurahan Batu Bersurat dan Desa Pongkai Istiqomah. Batu Bersurat dan Desa Binamang ini sebelum pemekaran terletak digenangan waduk PLTA Koto Panjang. Pada bulan agustus tahun 1994 desa Binamang dipindahkan oleh Pemerintah karena adanya pembangunan PLTA Koto Panjang. Lokasi pemindahan desa Binamang tidak terlalu jauh dari lokasi sebelumnya, dimana lokasinya masih berada dalam wilayah adat dan administrasi pemerintahan desa Binamang sebelum pemindahan. Batas wilayah desa Binamang dengan desa-desa tetangganya adalah, disebelah selatan berbatasan dengan desa Tanjung Pauh (Provinsi Sumatra Barat), sebelah utara berbatasan dengan Desa Ranah Sungkai, sebelah Barat berbatasan dengan Desa Pongkai Istiqhoma, dan sebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Batu Bersurat. Luas wilayah desa Binamang secara keseluruhannya adalah 2953 ha, dan luas 2953 ini dibagi untuk pembangunan seperti, pemukiman seluas 164 ha,pertanian/perkebunan seluas 1273, perkantoran seluas 4 ha, sekolah seluas 1.8 ha, jalan seluas 21, lapangan bola seluas 1 ha, dan hutan seluas 1500 ha. Jarak tempuh dari desa Binamang ke ibukota kecamatan ±1 KM dengan jangka waktu ±3 menit, jarak tempuh dari kesa Binamang ke ibukota kabupaten ±60 KM dengan jangka waktu ±60 menit, jarak tempuh dari Desa Binamang ke ibukota provinsi Riau ±95 KM dengan jangka waktu ±120 menit.  desa Binamang terbentuk dan ditetapkan sebagai Desa persiapan pada 
    tahun 1999, bersama penetapan tersebut maka ditunjuklah pejabat sementara kepala desa.
  2. Berikut ini adalah periode pejabat kepala desa Binamang.  
    No  Periode Kepala Desa 
    1 1999-2002 Ahmad Damanhuri S.Ag 
    2 2002-2008 Ahmad Damanhuri S.Ag 
    3 2008-2014 Asril Fuad S.Pd 
    4 2014-2015 Khairil Amri 
    5 2015-2021 Asril Fuad,S.Pd                                                                                                                                                                            6 2021- Sekarang Anuar Pranata,S.Ab                                                                                                                                                      Sumber Data : Kantor Kepala Desa Binamang 
    Dari data diatas dapat kita ketahui bahwa yang menjabat sebagai Kepala desa Binamang secara perperiodenya. 
    Didesa Binamang terdapat 4 Dusun dan setiap dusun terdiri dari 2 Rukun Warga ( RW) dan setiap RW terdiri 4 Rukun Tetangga (RT). Untuk menuju desa Binamang dapat ditempuh melalui jalan darat karena desa binamang merupakan daerah darat.  
  3.  Kependudukan 
    Jumlah Penduduk didesa Binamang sampai saat ini berdasarkan jenis 
    kelamin : 
    a. Kepala Keluarga         :361 Kk 
    b. Laki-laki                      : 578 Orang 
    c. Perempuan                 : 588 Orang 
    d. Jumlah Keseluruhan  : 1.166 Orang
  4. Fasilitas Umum 
    Fasilitas umum yang dimiliki oleh desa Binamang relatif sangat banyak, salah satu yang dimilikinya adalah : 
    a. PLN  
    Pln yang sering digunakan oleh masyarakat, untuk fasilitas ini hampir seluruh masyarakat menggunakan PLN sebagai alat penerang, disamping itu ada juga beberapa masyaarakat yang menggunakan lampu toplok sebagai alat penerang dikerenakan  kehidupan yang tidak memadai.  
    b. Jalan Umum 
    Jalan umum yang dimiliki desa Binamang ini digunakan banyak masyarakat untuk melintasi ke beberapa kampung atau desa setelah desa Binamang, seperti menuju ke desa Pongkai Istiqoma, desa Koto Tuo, desa Koto Tuo Barat, desa Muara Takus, desa Gunung Bungsu, dan desa-desa yang berada di Kecamatan Koto Kampar Hulu. 
    c. Masjid 
    Didesa Binamang memiliki satu Masjid, yaitu Masjid Raya Baitur Rahman. Masjid ini digunakan oleh masyarakat untuk beribadah kepada sang pencipta Allah Swt. Seperti shalat lima waktu, wirid yasinan sekali seminggu pada malam jumat, wirid pengajian sekali seminggu serta shalat jumat dan shalat aidil fiti dan aidil adha pada hari yang telah ditentukan. 
    d. Musallah 
    Musallah yang berada didesa Binamang terdapat tiga Musallah, yang pertama musallah Nurul Iman yang terletak didusun 1 desa Binamang, kedua musallah Nurul Anshor yang terletak didusun 3 berdekatan dengan Masjid Raya Baitur Rahman, ketiga Musallah Nurul Hijra yang terletak didusun 4 desa Binamang. 
    e. Sekolah 
    Sekolah yang terdapat didesa Binamang mulai dari PAUD, TK, SDN, dan MDA/PDTA. Sekolah-sekolah ini dijadikan sebagai sarana pendidikan untuk menuntut ilmu agama, sosial, dan umum. Didirikan beberapa sekolah ini 
    untuk menunjang pengetahuan anak-anak dan penegmbangan pembelajaran suapaya bisa menjadi generasi yang pintar berguna bagi agama, bangsa, dan negara. 
    f. Lapangan Olahraga 
    Ada beberapa lapangan olahraga yang dimiliki oleh desa Binamang, yaitu lapangan bola kaki, lapangan volly, lapangan takraw, serta lapangan badbinton. Lapangan-lapangan tersebut terletak di sekitaran kantor kepala desa.  
    g. Posyandu  
    Didesa Binamang juga memiliki Posyandu, dimana Posyandu ini digunkan oleh masyarakat desa Binamang  sebagai layanan pengobatan, pemeriksaan kehamilan, dan memberikan gizi buat balita dan bayi. Posyandu ini terletak di belakang Masjid Raya Baitur Rahman. 
    h. Pamsimas (Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) 
    Penyediaan air minum dan sanitasi berbassis masyarakat juga dimiliki oleh desa Binamang, dimana PAMSIMAS ini disalurkan ke rumuah-rumah penduduk yang membutuhkan. Pamsimas ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam penyediaan air ketika diperlukan seperti, mandi, mencuci, memasak air minum, dll. 
    i. Fasilitas Pemerintahan 
    Fasilitas pemerinthan yang terdapat didesa Binamang yaitu, Kantor Kepala Desa, Kantor BPD, Poskesdes, Posyandu, Balai Adat serta Posrundo. 
    j. Fasilitas Pendukung Produksi 
    Fasilitas pendukung produksi, dimana didesa Binamang tidak terdapat pabrik atau kilang, yang ada hanya produksi rumah tangga pembuatan tahu dan tempe. Masyarakat paada umumnya memiliki kebun karet dan kelapa sawit, dimana kebun ini digunakan sebagai mata pencaharian masyarakat untuk menghidupi keluarga, dimana hasil dari perkebunan ini langsung dibeli oleh pedagang atau tauke dengan cara menjemput langsung ke kebun masyarakat, ada juga sebagian masyarakat yang menagantarkan hasil perkebunannya kerumah pedagang atau tauke. Selain itu ada juga masyarakat yang mencari kehidupan keluarganya dengan cara nelayan, dimana para nelayan memanfaatkan danau PLTA untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Dimana para nelayan menggunakan sampan, jaring, pancing, dan jala untuk menangakap ikan, dan hasil penangkapan para nelayan langsung menjualnya ke tauke ada juga yang membawanya pulang untuk dikeringkan sebelum dijual.
  5.  Potensi Umum Desa 
    Didesa Binamang Potensi Umum terdapat sbb : 
    a. Pertanian 
    Lahan pertanian yang ada didesa Binamang sangat memungkinkan untuk bercocok tanam seperti penanaman cabe, jagung, semangka, dan sayuran. 
    b. Perkebunan 
    Pada umumnya masyarakat didesa Binamang memiliki kebun karet dan kebun sawit sebagai mata pencaharian, tetapi masyarakat yang memiliki kebun karet lebih banyak dibanding yang memiliki kebun sawit. Persentase yang memiliki kebun karet mencapai 85n yang memiliki kebun sawit hanya 10ri masyarakat dan yang 5% mata pencaharianya sebagai nelayan. 
    c. Perternakan 
    Didesa Binamang hanya 5 orang yang memiliki ternak kambing dan kerbau, dikarenakan didesa Binamang tidak begitu memungkinkan untuk berternak kambing, sapi, kerbau. Karena pada umumnya masyarakat bertani dan berkebun dan untuk mengurus atau mengembala tidak ada waktu lagi
    d. Industri 
    Indusrti yang terdapat didesa Binamang hanya industri rumah tangga, seperti pembuatan tahu dan tempe.  
    e. Perdagangan 
    Perdagangan yang terdapat didesa Binamang adalah pedagang sembako, warung, bengkel, dan tauke karet. 
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image